Pages

Kamis, 28 April 2011

Learning Disoder ?

Membaca, menulis , dan berhitung adalah kegiatan rutin yang kita lakukan saat belajar. berkat kemampuan itu semua, kita bisa membaca sejarah dunia, mempelajari rumus fisika, atau menulis puisi. Tapi, kegiatan belajar ini susah banget dilakukan kalau kita mengalami masalah gangguan belajar atau Learning Disorder. Learning Disorder itu apa sih?



Gangguan belajar atau learning disorder adalah keadaan dimana seseorang kesulitan untuk mengerti kemampuan dasar kayak membaca, menulis, ataupun berhitung. hal ini karena otak orang tersebut gak bisa memproses informasi yang diberikan. gangguan belajar ini bisa dideteksi semenjak anak masih di preschool atau sekolah dasar dan bisa diderita oleh semua orang. bahkan seorang ber IQ tinggi pun dapat terkena gangguan ini.Kalau telat dideteksi, penderita gangguan belajar ini sering dianggap terbelakang atau bodoh.. hmm kasian juga ya guys :(

Learning disorder itu ada tiga jenis nih.

1. Disleksia. adalah gangguan belajar yang paling sering ada. mereka kesulitan belajar karena tidak bisa membaca atau kalimat dengan baik. bagi penderita disleksia gabungan huruf itu sulit dipahami sehingga kata-kata terlihat membingungkan. wah, kayak tokoh Percy jackson ya? 

Nah ciri - ciri penderita disleksia itu, dia sulit membedakan huruf alpabet,terutama yang betuknya mirip-mirip (b,d,q,p), tidak bisa mengeja kata dengan benar, sering salah membaca teks dan kadang tidak paham arti teks itu, bingung membedakan kata yang bunyi dan tulisannya mirip seperti 'hati' dan 'pati'

2. Dysgraphia. nah biasanya penderita disleksia juga menderita  gangguan ini. Dysgraphia adalah gangguan belajar karena penderitanya kesulitan menulis. Penderita dysgraphia sulit mengekspresikan apa yang dia lihat, dengar, atau yang ia pikirkan dalam bentuk tulisan kata dan kalimat.

ciri-ciri penderita dysgraphia ini antaralain sulit menuliskan sebuah kata dengan benar. kadang hurufnya kebalik atau ejaannya salah. Kalimat yang ditulis penderita biasanya salah tempat, misalnya mau nulis "Isca cantik" jadi "cantik isca" eh abaikan deh yang barusan-_-

3. Dyscalculia dari namanya aja udah keliatan kalau ini adalah kesulitan dalam berhitung. angka, simbol, dan rumus dalam matematika yang paling dasar pun sulit dipahaminya.ciri-cirinya nih, bingung ngebedain simbol + - x : gituu, sering salah dalam menghitung matematika sehari-hari, gabisa ngerti semua yang berhubungan dengan perhitungan, dan juga sulit ngebedain antara kg, liter, jam, menit, detik, tahun abad, dan lain lain.


Nah, ada lagi nih tipe baru nya , namanya ADHD/ADD,  Attention Deficit Hyperactivity Disorder/ Attention Deficit Disorder. ini adalah jenis gangguan dimana penderitanya sulit untuk fokus karena bersikap hiperaktif.  Ciri ciri penderita ADHD/ADD ini yaitu, perhatiannya mudah teralih, gampang bosan ngerjain soal yang monoton, sering gak ngedengerin orang ngomong, ngga betah berdiam diri atau duduk lama-lama.

Nah, lo yang mana nih? yaampun-_-v mudah mudahan engga semua yaps. Tapi jangan kecil hati loooh temen - temen yang kena Learning Disorder!! Orlando Bloom sama Keira Knightley itu disleksia dulunya, Albert Einstein Dysgraphia dan disleksia. Buktinya, mereka bisa nyembuhin diri mereka senderi dan bisa jadi orang terkenal kan? hehe Semangat ! 


Tidak ada komentar: