Pages

Senin, 11 April 2011

Aksi Dunia Di Earth Hour 60+


Ini adalah tahun kelima berlangsungnya Earth Hour, setelah pertama kali digagas oleh WWF tahun 2007 lalu. Kini, digelar Earth Hour 60+, yang artinya nggak hanya sekedar memadamkan lampu selama satu jam saja, tapi juga meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Dan ini semua nggak hanya berlaku satu jam, tapi dilanjutkan sebagai gaya hidup. Di Indonesia saja, hasil dari Earth Hour 2011 kemarin PLN berhasil melakukan penghematan sampai 170MW (kalau dikonversi ke uang mencapai Rp 1,4 miliar). Kebayang kan, sebanyak apa energi yang bisa dihemat oleh bumi tercinta ini tanggal 26 Maret kemarin?


Ini dia beberapa kota di dunia yang ikut serta dalam Earth Hour 2011:


1.Rio de Janeiro – Brazil 

Patung  “Christ the Redeemer” yang jadi icon kota Rio de Janeiro terlihat gelap saat Earth Hour 2011 kemarin. Tapi kok kotanya masih terang benderang ya-_-a

















2.Hong Kong - China


Hong Kong yang biasanya bertabur cahaya meriah pun ikut memadamkan listrik selama satu jam. Gedung pemerintahan, semua universitas, 320 buah sekolah, dan sekitar 3200 perusahaan ikut serta dalam Earth Hour 2011.





































3.Dubai


Negara yang sedang “giat” membangun berbagai landmark dan gedung pencakar langit ini, berhasil mencapai rekor penghematan energi saat Earth Hour 2011 kali ini. Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) mengumumkan bahwa tahun ini mereka berhasil menghemat 204.000kW/h dan 122.000kg emisi karbon.





4.Jakarta - Indonesia


Nggak ketinggalan juga, kota kita, Jakarta ikut melaksanakan Earth Hour ini. Bundaran HI dan wilayah Monas, salah satu icon Jakarta yang biasanya terang benderang, ikut mendukung Earth Hour 60+. Ini sekaligus menunjukan komitmen penuh Ibukota untuk mencintai bumi.


So guys, mulai dari sekarang, tunjukin dong kalau kita sebagai Jiwa Muda juga berkomitmen untuk menjaga dan mencintai bumi yang kita tinggali selama ini! mulai dari hal yang paling mudah untuk kita lakuin sekaligus bikin kita sehat dan bugar. Misalnya gowes (naik fixie di car free day gitu ^_^) , atau naik kendaraan umum ke sekolah, dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kita lakuin untuk mengobati bumi ! 


Tidak ada komentar: